Wednesday, August 5, 2020

Subjek dan Sasaran Evaluasi

Subjek dan Sasaran Evaluasi

 

1. Subjek Evaluasi

Subjek Evaluasi adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi.

Siapa yang melakukan subjek evaluasi untuk setiap tes ? Ditentukan oleh aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku,

Contoh :

  1. Evaluasi tentang prestasi belajar atau pencapaian subjeknya adalah guru.
  2. Evaluasi sikap yang menggunakan sebuah skala maka subjeknya dapat meminta petugas yang ditunjuk, yang didahului oleh latihan melaksanakan evaluasi tersebut.
  3. Evaluasi terhadap kepribadian dimana menggunakan sebuah alat ukur yang sudah distandartkan maka subjeknya adalah ahli-ahli psikologi.

 

2. Sasaran Evaluasi

a. Input

1)    Kemampuan                                                                                               Untuk dapat mengikuti program dalam suatu lembagasekolah, maka  calon siswa harus memiliki kemampuan sepadan. Alat ukurnya menggunakan tes kemampuan (attitude test)

2)   Kepribadian                                                                            Sesuatu yang terdapat didalam diri manusia dan menampakan bentuknya dalam tingkah laku. Alat untuk mengukur kepribadian disebut tes kepribadian (personality test)

3)   Sikap-sikap                                                                                                                            Sikap merupakan sesuatu yang paling menonjol dan dibutuhkan dalam pergaulan maka banyak orang menginginkan informasi tersebut. Alat untuk mengukur  keadaan sikap seseorang disebut tes sikap (attitude test), oleh karena tes ini berupa skala maka disebut skala sikap.

4)   Inteligensi                                                                                           Digunakan tes intelegensi yang dikenal dengan tes buatan Binet dan Simon. Dari hasil tes akan diketahui IQ (Intelligence Quotient), IQ bukanlag Intelegensi IQ hanyalah angka yang memberikan petunjuk tinggirendahnya intelegensi seseorang.                                                          

 

b. Transformasi

          Banyak unsur yang terdapat dalam transformasi yang semuanya menjadi sasaran dan objek penilaian demi diperolehnya hasil pendidikan, diantaranya:

1)    Kurikulum/materi

2)   Metode dan cara penilaian

3)   Sarana pendidikan/media

4)   Sistem administrasi

5)   Guru dan personal lainnya

 

c. Output

          Penilaian terhadap lulusan suatu sekolah yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pencapaian/prestasi belajar siswa selama mengikuti program.

Alat yang digunakan untuk mengukur pencapaian disebut tes pencapaian (achievement test).


No comments:

Post a Comment