Wednesday, December 19, 2018

Landasan Pendidikan

Landasan Pendidikan

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencna untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Ki Hajar Dewantara dalam (Tim Dosen FIP: 1981) mengemukakan bahwa mendidik adalah kegiatan menuntun berbagai kekuatan yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusiadan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Pengertian Pendidikan
  1. Mudyaharjo dalam Triwiyanto (2014: 22) memberikan pengertian Pendidikan ke tiga jangkauan. yaitu: Pendidikan maha luas, sempit dan luas terbatas.
  2. Jhon Daweyinds education  adalah proses proses kecakapan-kecakapan dasar dan emosional kearah alam dan sesama manusia. 
  3.  Rousseau adalah memberikan perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi membutuhkannya waktu dewasa .
  4. Ki Hajar Dewantara  mengemukakan bahwamendidikadalah kegiatanmenuntun berbagai kekuatan yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat yang dapat mencapai dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.      
Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah kegiatan yang dapat membuat orang melakukan proses belajar sesuai dengan perencanaan . Tujuan pembelajaran adalah untuk proses belajar dalam proses pembelajaran (Winataputra, 1994). 
Pada dasarnya, proses-proses yang dilakukan oleh guru dan siswa merupakan proses yang sama dengan individu siswa itu semdiri. Perubahan tersebut bersifat "intensional, positif-aktif, dan efektif (Sabri, 2005).

Ruang Lingkup Pendidikan
Pendidikan merupakan hasil karya manusia dan usaha lembaga-lembaga di hadapan untuk mencapai sebaliknya. Lembaga yang bertanggung jawab dalam mencapai tujuan pendidikan: keluarga, sekolah, dan lembaga masyarakat (Tim Dosen FIP, 1981). “Pendidikan berlangsung hidup dan dilaksanakan di lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab bersama keluarga, masyarakat dan pemerintah ”(GBHN dalam Tim Dosen FIP, 1981: 14). 


 Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan cita-cita yang ingin dicapai dengan kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dalam Ngalimun (2016: 41) dibuat sebagai berikut:
·         Sebagai titik pusat perhatian dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
·         Sebagai penentu arah kegiatan pembelajaran.
·         Titik pusat dan rencana dalam menyusun rencana pembelajaran.
·         Sebagai panduan untuk mencegah / menghilangkan penyimpangan kegiatan pembelajaran.

No comments:

Post a Comment